Senin, 06 April 2015

IDE BISNIS Yang Cocok untuk Masyarakat Pedesaan



Bismillah…
Kalau kita hidup di kota akan jauh lebih mudah menemukan ide bisnis yang banyak  dan bisa dijalankan, ketimbang bila kita hidup jauh dari kota (desa). Seperti yang kita tahu pertumbuhan ekonomi di desa tidak bisa disamakan dengan pertumbuhan ekonomi kota. Hal itu juga yang harusnya menjadi alasan untuk kita bisa menentukan ide bisnis yang tepat untuk bisa dijalankan di masyarakat desa.

Kebanyakan dari masyarakat desa, selalu diawali dengan proses mencari modal untuk memulai usaha. Dan biasanya modal itu didapatkan dari proses mencari. Untuk itu, banyak masyarakat desa yang mencari modal untuk usaha impiannya adalah dengan pergi berkerja di kota terlebih dahulu, disamping juga adalah untuk mencari pengalaman sebagai bekal untuk bisa menjalankan ide bisnis yang sudah jauh-jauh di pikirkan. Proses mencari modal juga tidak bisa ditentukan sampai kapan waktunya, makanya tidak jarang ada sebagian besar masyarakat desa yang merantau, bisa bertahun-tahun mengumpulkan uang untuk modal usaha di desa. Jika belum cukup modalnya, maka mereka enggan untuk pulang.

Sampai tak terasa, saking enaknya mencari modal. Lambat laun ide usaha yang sudah diimpikan ternyata sudah dijalankan oleh orang lain, yang berani lebih cepat mengambil resiko. Karena sekarang, meskipun di desa pertumbuhan ekonominya lambatt, tapi bukan berarti ide bisnis tidak bisa dijalankan. Misalkan ide bisnis berikut ini:

# Menyewakan Traktor
 Bagi yang cukup modal, usaha ini jelas menjanjikan. Kalau musim panen tiba, maka akan banyak sawah yang dipanen, dan bersiap membuka lahan baru untuk ditanami. Penggunaan hewan penarik (sapi, kerbau) sudah tidak bisa diharapkan, karena selain hasilnya yang kurang maksimal, juga karena terlalu lama proses pengerjaannya. Jika untuk sepatok sawah dikenakan biaya pengerjaan sebesar 300 rb, itu bisa diselesaikan dalam setengah hari saja. Maka untuk sehari bisa menghasilkan kira-kira 600 rb perhari. Di potong biaya untuk pekerja 60 rb, sisanya untuk beli bensin 40 rb, untung bersih 400 rb. Sangat menggiurkan bukan…?

# Menyewakan Deklit dan Sound System
Untuk orang desa, apalagi disaat musim panen, dan musim hajatan biasanya bersamaan. Penyedia jasa sewa deklit dan Sound akan sangat kebanjiran order. Modalnya memang juga besar, tapi masa depannya tidak akan pernah suram sepertinya. Lancar Jaya, asal rutin untuk perawatan sound dan perbaikan deklit.

# Pembeli Padi yang Masih di Sawah ( Tukang Tebas Padi )
Untuk ide bisnis yang satu ini, memang sedikit agak berbau jual beli yang dilarang dalam agama islam, karena membeli suatu barang di dalam kondisi yang berbeda. Akan tetapi, jika kita serius untuk menekuni bisnis ini, maka pelajarilah dulu ilmu jual beli dalam versi agamanya(syar’inya) untuk proses jual beli seperti ini.

# Pembesaran ayam pedaging
Di desa banyak sekali ditemukan usaha yang satu ini, seolah menjamur, dimana-mana ada kandang ayam, meskipun udara disekitar kandang menjadi tidak sehat,maka sebelum melakukan bisnis ini, kita harus menganalisis betul SWOT nya, jangan sampai kehadiran anda merusak lingkungan sekitar, dan mendatangkan ketidaksenangan dari masyarakat sekitar anda.
Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan, mudah-mudahan bisa saya teruskan ditulisan-tulisan yang lain.


Selamat mencoba…!!

0 komentar:

Posting Komentar