Selasa, 12 Desember 2017

Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Tahun 2018


Ide bisnis rumahan atau peluang usaha dengan modal kecil yang paling menjanjikan untuk dikelola sendiri atau bersama dengan anggota keluarga sebenarnya sangat banyak ragamnya.
Bahkan tidak jarang dari yang semula hanya sekedar coba coba justru akhirnya menjadi pekerjaan utama dengan potensi penghasilan yang cukup membanggakan. Apalagi ditengah persaingan pasar ekonomi bebas seperti sekarang, jika kita hanya mengandalkan dari penghasilan utama kita sebagai karyawan maka akan banyak hal yang mungkin saja belum “bebas” secara ekonomi. Untuk itu bisnis rumahan dipandang adalah solusi bagi masalah keuangan rumah tangga.

Kenapa banyak yang menyebut dengan istilah usaha rumahan, hal ini disebabkan karena pekerjaan tersebut dijalankan cukup dari rumah tanpa harus memiliki kantor, ruko maupun tempat dan lokasi usaha khusus yang tentunya memerlukan biaya tidak sedikit hanya untuk memperoleh fasilitas ini.
Jika memang memiliki cukup anggaran modal untuk menyiapkan sarana tersebut, maka alangkah baiknya di simak juga tentang tips cara menentukan tempat dan lokasi usaha yang strategis.

Analisa singkat mencari ide dan gagasan untuk memulai usaha rumahan
Menemukan ide untuk memulai sebuah bisnis rumahan, kerja sampingan, ataupun kegiatan usaha lainnya, hendaklah kita peka terhadap situasi serta kondisi yang ada disekitar dengan sudut pandang yang cukup luas.
Hal ini bisa dikatakan sebagai cara mengintai sasaran yang akan di capai agar usaha yang dipilih nantinya dapat memperoleh perhatian dari konsumen, kemudian pada akhirnya bisa di konversi menjadi penghasilan dan keuntungan.
Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk dapat menemukan ide bisnis, dan peluang usaha yang bisa di amati dari lingkup paling kecil yaitu lingkungan sekitar tempat tinggal.

Masyarakat perkotaan padat penduduk
Ini merupakan salah satu spot yang cukup menjanjikan untuk dijadikan lahan usaha rumahan, karena dengan lingkungan masyarakat yang padat, tentunya akan lebih potensial serta sangat berpeluang lebih cepat memperoleh perhatian dari konsumen.
Contoh dan bentuk usaha kecil yang paling tepat pada lingkungan masyarakat perkotaan diantaranya adalah:
#1 Usaha jasa atau pelayanan.
 Dengan tingkat kesibukan yang padat, masyarakat kota yang pada umumnya memiliki pekerjaan rutin di antaranya sebagai orang kantor, karyawan di sebuah perusahaan, ataupun pekerjaan diluar rumah lainnya.
Dengan demikian mereka cenderung kurang memiliki waktu untuk melakukan hal hal kecil yang sebenarnya adalah bagian dari kebutuhan hidup sehari hari.
Jika kita peka terhadap kondisi seperti ini, maka banyak sekali peluang usaha yang dapat kita bidik seperti melayani jasa panggilan sesuai dengan keahlian yang kita miliki.
Contoh: cuci kamar mandi, tukang pipa, tukang listrik, servis elektronik seperti TV, kulkas, atau bahkan servis HP dan masih banyak lagi. Silakan di simak untuk ulasan lebih detail untuk masing masing poin di bawah ini.
Membuka usaha jasa cuci kamar mandi
Usaha jasa tukang perbaikan pompa dan pipa air
Jasa panggilan perbaikan instalasi listrik
Membuka bisnis usaha servis hp dan elektronik

#2 Usaha makanan dan kue gorengan.
Dengan modal yang kecil, membuka bisnis jual makanan dengan menu sederhana tentunya juga bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan penghasilan dan menguntungkan.

Mengingat betapa sibuknya mayoritas masyarakat perkotaan, sehingga kebanyakan mereka lebih menyukai sesuatu yang instan dengan cara membeli makanan jadi dari pada harus repot meyiapkan atau memasak sendiri.

#3 Usaha reseler untuk produk.
Menjadi seorang reseler dari sebuah merek atau produk, memang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal uang kecuali tenaga dan pikiran.
Pelaku bisnis ini hanya bergerak sebagai media promosi dan akan memperoleh komisi dari hasil transaksi penjualan nantinya.
Beragam bentuk bisnis reseler saat ini tengah menjadi trend untuk kaum ibu ibu bahkan para remaja yang menawarkan barang dagangan hanya dari sebuah katalog, seperti produk produk kecantikan, fashion, hingga peralatan atau perkakas rumah tangga khususnya dapur.

#4 Membuka bimbingan belajar dan kursus.
Ini salah satu bentuk usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki pendidikan mumpuni secara akademik dan sanggup menjadi tenaga pengajar yang berkualitas.
Jenis pekerjaan seperti ini nyaris bisa dikerjakan tanpa modal, hanya saja harus memiliki waktu luang serta kemampuan untuk memberikan bimbingan belajar yang sesuai kebutuhan anak didiknya.
Lokasi atau tempat melaksanakan usaha ini bisa di rumah sendiri atau memulainya dengan mendatangi anak didiknya secara privat sebagai tahap promosi agar cukup dikenal oleh masyarakat.
Jika anda adalah seorang guru sekolah, atau masih berstatus sebagai mahasiswa atau bahkan masih dalam masa magang, maka gunakanlah kesempatan untuk dapat membuka usaha bimbingan belajar ini, misalnya khusus untuk anak anak sekolah dasar maupun siswa menengah pertama.
Awalnya bisa dimulai dari warga lingkungan sekitar terlebih dahulu sebagai perkenalan, toh nanti masyarakat juga yang akan menilai hasilnya, kemudian secara otomatis mereka akan menyebarkan informasi mengenai usaha yang telah anda buka karena kualitasnya memuaskan.


0 komentar:

Posting Komentar